MENGENAL dan MEMAHAMI AUGMENTED REALTY
atau RALITAS TAMBAHAN
Apa itu AUGMENTED REALTY...???? (?) AUGMENTED REALTY atau yang biasa disebut AR atau dalam bahasa indonesia disebut REALITAS TAMBAHAN merupakan teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.Dalam penggabungan ini kemudian bisa dimaksimalkan dengan kemampuan berinteraksi secara langsung dengan objek tersebut (objek yang dimunculkan dengan teknologi AR).
Contohnya :
Ada 2 buah poster dengan gambar yang berbeda. Pada saat salah satu poster tersebut diarahkan pada kamera, tiba-tiba muncul animasi 3D yang bergerak dengan mempraktekan gerakan ilmu silat , Misalnya tokoh yang ditampilkan yaitu Hero A. Kemudian dari gambar poster yang ke dua, dibuat tokoh ksatria berwarna hitam sebut saja Hero B. Saat kedua poster digabungkan, kita bisa memunculkan interaksi di antara dua tokoh yang sebelemnya ditampilkan.Misalnya mereka yang saling berkelahi. Itulah kehebatan AUGMENTED REALTY
Bisa juga disimpulkan secara garis besar AR merupakan suatu penggabungan antara sesuatu dari dunia nyata dengan sesuatu yang bersifat maya.
REALITAS TAMBAHAN juga telah diaplikasikan dalam perangkat-perangkat yang digunakan orang banyak, seperti pada telepon genggam.
Teknologi pada Augmented Reality
<=> HARDWARE
Komponen perangkat keras utama untuk augmented reality adalah: rosesor, layar, sensor dan perangkat input. Unsur-unsur ini, khususnya CPU , layar, kamera dan MEMS sensor seperti accelerometer , GPS , solid state kompas sering hadir dalam modern smartphone , yang membuat mereka platform calon AR.
<=> TAMPILAN
Beberapa contoh menampilkan realitas ditambah spasial termasuk lampu shader, proyektor mobile, tabel virtual, dan proyektor pintar, dijelaskan oleh O. Bimber dan R. Raskar pada tahun 2005. Shader lampu, yang dikembangkan oleh Raskar dkk. pada tahun 1999, meniru dan menambah realitas dengan memproyeksikan citra ke benda netral, memberikan kesempatan untuk meningkatkan penampilan objek dengan bahan dari unit-sederhana proyektor, kamera, dan sensor. Proyektor genggam lebih lanjut tujuan ini dengan memungkinkan konfigurasi cluster penginderaan lingkungan, mengurangi kebutuhan untuk penginderaan perangkat tambahan.
Aplikasi nyata lainnya termasuk proyeksi meja dan dinding. Salah satu inovasi tersebut, Tabel Virtual Extended, memisahkan virtual dari nyata dengan memasukkan balok-splitter cermin yang melekat pada langit-langit pada sudut disesuaikan. Virtual menampilkan, yang menggunakan balok-splitter mencerminkan bersama dengan menampilkan grafis ganda, menyediakan sarana interaktif secara bersamaan terlibat dengan virtual dan nyata. Secara keseluruhan, saat ini augmented reality teknologi layar dapat diterapkan untuk memperbaiki desain dan visualisasi, atau berfungsi sebagai simulasi ilmiah dan alat untuk pendidikan atau hiburan. Lebih banyak implementasi dan konfigurasi spasial membuat augmented reality menampilkan alternatif interaktif semakin menarik.
<=> KEPALA-MOUNT
Sebuah layar kepala-mount (HMD) menempatkan gambar kedua dunia fisik dan terdaftar objek grafis virtual atas pandangan pengguna di dunia. Para HMDS baik optik tembus atau video tembus. Optical tembus mempekerjakan setengah perak cermin untuk lulus gambar melalui lensa dan informasi overlay akan tercermin ke mata pengguna. HMD harus dilacak dengan sensor yang menyediakan enam derajat kebebasan. Pelacakan ini memungkinkan sistem untuk menyelaraskan informasi virtual ke dunia fisik. Keuntungan utama dari HMD AR adalah pengguna yang immersive pengalaman. Informasi grafis bekerja keras dengan pandangan pengguna. Produk yang paling umum digunakan adalah sebagai berikut: Microvision Nomad, Sony Glasstron , Vuzix , Lumus , Laster Teknologi , dan I / O Menampilkan.
Sementara The New York Times melaporkan Google berharap untuk mulai menjual kacamata virtual tidak hanya untuk hiburan tetapi juga untuk informasi dan realitas ditambah pada akhir tahun 2012, [20] Laporan yang lebih baru dari Google tentang " Kaca Proyek "(seperti yang sekarang disebut ) mengatakan siaran komersial 2012 tidak mungkin.
<=> GENGGAM
Menampilkan genggam menggunakan layar kecil yang pas di tangan pengguna. Semua AR genggam solusi sampai saat ini memilih untuk video tembus. AR Awalnya genggam digunakan spidol fidusia , dan kemudian GPS unit dan MEMS sensor seperti kompas digital dan enam derajat kebebasan accelerometer - giroskop . Hari ini SLAM pelacak markerless seperti PTAM mulai datang mulai digunakan. Genggam tampilan AR menjanjikan untuk menjadi keberhasilan komersial pertama untuk teknologi AR. Dua keuntungan utama genggam AR adalah sifat portabel dari perangkat genggam dan sifat mana-mana kamera ponsel. Kerugiannya adalah kendala fisik pengguna harus memegang perangkat genggam di depan mereka setiap saat serta efek distorsi dari klasik macam-siku kamera ponsel bila dibandingkan dengan dunia nyata dilihat melalui mata.
0 komentar:
Posting Komentar